News & Blog

Hasil Penilaian BPKP Aceh, PDAM Tirta Daroy Banda Aceh Sehat

News & Blog

Banda Aceh – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Banda Aceh mendapatkan predikat sehat dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja tahun 2020, dari 20 PDAM di Wilayah Aceh ada enam PDAM berpredikat sehat, enam PDAM berpredikat kurang sehat dan delapan PDAM berpredikat sakit.

Hal itu disebutkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya dalam konferensi pers pada Kamis, 28 Januari 2021 lalu. Ia mengatakan, evaluasi kinerja 20 PDAM tersebut menggunakan indikator ukuran kinerja yang ditetapkan oleh Badan Peningkatan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM).

Selain PDAM Banda Aceh, Indra menyebutkan enam PDAM berpredikat sehat yakni PDAM Aceh Besar, PDAM Langsa, PDAM Sabang, PDAM Bireuen, dan PDAM Aceh Tengah. Enam PDAM dengan predikat kurang sehat, PDAM Aceh Tamiang, PDAM Singkil, PDAM Aceh Timur, PDAM Pidie, PDAM Gayo Lues dan PDAM Aceh Utara.

Untuk delapan PDAM berpredikat sakit, PDAM Lhokseumawe, PDAM Aceh Barat Daya (Abdya), PDAM Simeulue, PDAM Bener Meriah, PDAM Pidie Jaya, PDAM Aceh Selatan, PDAM Aceh Barat dan PDAM Aceh Tenggara, ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan atau yang lebih populer Kabag Humas selama ini, Said Fauzan mengungkapkan bahwa penilaian tersebut merupakan hasil kerja keras PDAM Tirta Daroy dibawah komando Dirut T Novizal Aiyub selama ini.

“Kita semua tahu bahwa air bersih merupakan persoalan klasik di Ibu Kota Provinsi Aceh ini. Pemerintah terus berbenah, terus melakukan upaya perbaikan setiap harinya. Semua capaian ini adalah buah kerja keras PDAM dan kontribusi warga semua,” kata Said Fauzan pada Kamis, 4 Februari 2021, di Balai Kota.

Menurutnya, persoalan air bersih sudah menjadi prioritas Wali Kota Aminullah bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifin. Meski menuai banyak kritik dari warga yang tergolong pelanggan, saran dan masukan juga tiada henti diterima oleh pemerintah.

“Warga sangat peduli, setiap ada permasalahan kami terima laporan. Sehingga membantu pihak PDAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan air bersih bagi masyarakat,” katanya. (Riz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *